Komplikasi Penyakit Akibat Demam Kuning

Komplikasi demam kuningPernahkah anda melihat atau mendengar tentang seseorang yang mempunyai penyakit demam kuning? ciri khas dari penyakit ini yaitu perubahan warna pada kulit yang akan menguning.

Demam kuning merupakan penyakit menyerang manusia yang dapat merusak hati dan internal lainnya menjadi lebih fatal. Virus penyebab penyakit kuning dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan sangat rentang beresiko tinggi terhadap orang dewasa.

Penyakit ini menyerang dalam beberapa fase dan memiliki gejala dan kondisi yang berbeda-beda yang dimulai dari fase inkubasi lalu fase akut dengan gejala seperti demam, pusing, serta sakit kepala. Setelah fase ini berakhir sebagian orang ada yang sembuh, namun beberapa orang justru akan memasuki fase yang serius yaitu fase toksik yang harus segera dilakukan pengobatan demam kuning.

Jika penyakit ini tidak segera dilakukan penanganan maka akan menimbulkan komplikasi yang lebih serius. Berikut adalah beberapa komplikasi dari penyakit demam kuning pada fase yang lebih serius yaitu :

  1. Edema paru.
    Penyakit ini merupakan suatu kondisi yang biasanya ditandai dengan sulit bernapas akibat terjadinya penumpukan cairan didalam kantong paru-paru. Dalam kondisi yang normal, udara akan masuk kedalam paru-paru pada saat bernapas namun pada kondisi ini endema paru akan terisi oleh cairan sehingga mengakibatkan oksigen yang masuk tidak bisa mengalirkan darah.
  2. Infeksi bakteri sekunder.
    Infeksi ini merupakan infeksi yang baru muncul setelah sebelumnya terdapat infeksi lain seperti infeksi bakteri.
  3. Radang otak.
    Komplikasi selanjutnya dari demam kuning yaitu radang otak kondisi ini terjadi pada siapa saja memiliki resiko tinggi terhadap lansia dan anak-anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang cenderung lebih lemah. Jika seseorang memiliki komplikasi radang otak, akan berpotensi menjadi lebih serius bahkan sampai kematian.
  4. Miokarditis.
    Penyakit ini merupakan peradangan yang terjadi pada otot jantung. Ketika otot jantung mengalami peradangan maka fungsi jantung dalam darah akan terganggu akibatnya akan menimbulkan gejala seperti nyeri dada, sesak napas, dan gangguan irama jantung.
  5. Sindrom hepatorenal.
    Merupakan sebuah sindrom yang dapat mengancam nyawa akibat menurunnya fungsi ginjal, penyakit ini merupakan kondisi serius yang diakibatkan oleh penyakit hati dan akan berakibat fatal jika tidak diobati.

Untuk mencegah dan menghindari komplikasi yang akan berakibat fatal pada penyakit demam kuning sebaiknya anda selalu menjaga pola hidup dan pola makan yang lebih sehat. Demikian penjelasan tentang komplikasi demam kuning semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyimak. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s